Perjalanan Wisata Yogyakarta

Share:
Pada hari selasa tanggal 08-Mei-2012 bersama teman-teman kelas VIII pergi berwisata. namun, wisata kali ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kami memilih wisata ke lokasi yang bersejarah yaitu Candi  Borobudur susu kambing etawa,  mengunjungi Taman Pintar dan Pantai Parang Tritis. susu kambing etawa berangkat dari rumah sampai ke-madiun sekitar jam 03.00 WIB  dini hari. ada lima bus yang kami tumpangi. Setiap bus berkapasitas lima puluh orang dengan empat guru sebagai pendamping. Bus yang kami tumpangi berada di urutan belakang sendiri karena kami adalah siswa kelas VIII G. didalam bus kami semua bercanda ria setelah itu kami tertidur. pada saat di mantingan ngawi kami di bangunkan oleh bapak/Ibu guru kami untuk segera laksana solat subuh jamaah di masjid yang dilintasi dan berhenti. setelah kami semua selesei melaksanakan sholat shubuh perjalanan akan di lanjutkan kembali dengan tujuan pertama kami ialah Candi Borobudur.

Kami sampai di Yogyakarta tepatnya di Candi Borobudur  pada jam  setengah sebelas  siang. Setelah sampai kami langsung turun dari bus wisata dan berjalan ke arah pintu masuk untuk mengantri dapat tiket. setelah lama mengantri kami semua  mendapatkan tiket untuk masuk ke area candi bersama-sama dengan rombongan langsung masuk ke area candi yang sudah buat hati penasaran saja. Candi borobudur  ialah merupakan candi budha, terletak tepatnya  didesa borobudur  kabupaten magelang, jawa tengah yang di bangun oleh raja samaratungga, salah satu raja kerajaan mataram kuno merupakan keturunan dari wangsa syailendra.

Perjalanan Wisata Yogyakarta

Pengambilan nama "borobudur" merupakan gabungan dari kata bara dan budur. bara dari bahasa sansekerta berarti kompleks candi atau biara dan sedangkan budur berasal dari istikah "beduhur"  artinya diatas, dengan demikian itu borobudur berarti suatu biarayang berada diatas bukit yang bangunannya berbentuk seperti punden berundak-undak  terdiri dari 10 tingkat yangberukuran 123 X 123 meter, diperkirakan tinggi mencapai 42meter namun sebelum renovasi dan sesudahnya menjadi 34,5meter setelah renovasi  karena tingkat    paling bawah di gunakan sebagai penahan berat, candi budha ini memiliki sekitar 1460relief dan ada 504stupa budha di kompleksnya, enam tingkatan terbawah bentuknya berbujur sangkar dan tiga tingkatnya berada diatas bentuknya lingkaran dan satu tingkat tertinggi yang stupa stupa budha yang menghadap ke arah barat. setiap tingkatan  melambangkan kehidupan manusia. yaitu :
  1. Kamadhatu, Bagian dasar Borobudur
  2. Rupadhatu, empat  tingkat di atasnya
  3. Arupadhatu, Tiga tempat di atasnya
  4. Arupha, Bagian paling atas
Setelah kami semua melihat  lihat di sekitar kompleks areanya candi kami semua turun dan membeli oleh-oleh khas disekitar daerah candi, setelah itu kami dan teman teman kembali ke bus. dan perjalanan jual susu kambing dilanjutkan untuk mengunjungi taman pintar ya masih diyogyakarta. setelah perjalan itu kami tiba di kawasan taman pintar pada jam 03.00 sore hari. setelah itu kami semua masuk di kawasan taman pintar karena kawasan ini yang nanti berguna bagi para siswa, mulai pra sekolah, menengah bisa dengan leluasa memperdalam paham materi-materi belajar yang telah di terima di sekolah dan sekaligus berekreasi. dengan target pembangunan taman pintar adalah memperkenalkan pengetahuan kepada siswa-siswi dari dini, berharap lebih luas kreatifitas anak didiknya terus di asah, sehingga bangsa ini tidak hanyalah jadi sasaran eksploitasi sahaja oleh pasar tekhnologi belaka namun juga akan usahanya untuk mampu ciptakan suatu teknologi secara sendiri.

banyak pelajaran baru yang bisa diambil seperti ketika di taman pintar kita dapat mengerti tentang bagaimana proses menyaring air yang keruh menjadi air yang bisa untuk di minum, disitu kami juga bisa melihat sebagian rumah adat yang ada di indonesia. disana kita juga dapat membeli buku-buku baik buku pelajaran, novel dan lain lain. setelah kunjungan selama kurang lebih 3 jam berlalu, akhirnya kami berpamitan dan kemudian kami melanjutkan perjalanan ke objek selanjutnya yang menyenangkan. Kami mengunjungi pantai parang tritis untuk nikmati indahnya panorama alam yang semampoi. objek wisata kali ini letaknya didesa prangtritis, kretek, bantul, yogyakarta, kurang lebih sekitaran 27km sebelahan area selatan dari yogyakarta kota dengan jalan yang relatif datar sehingga sangat mudah di capai.

Di situ kami semua menyempatkan untuk solat dzuhur dan solat ashar berjamaah, setelah selesei semua pergi kedaerah pantai. parangtiritis adalah sebuah pantai yang landai, dengan pasir berwarna hitam, yang cantik memiliki fenomena alam yang menarik, baik pemandangan alamnya maupun kisah supranatural terbentuknya pantai. ombak parangtritis selalu membawa banyak kayu-kayu dan bambu hijau menuju darat yang mungkin berasal dari pantai-pantai yang ada di dekatnya. beberapa kayu di ambil dan di bawa oleh penduduk setempat untuk kemudian berguna dirumah mereka. pantai parangtritis juga salah satu yang merupakan sebuah tempat wisata yang favority untuk dinikmati saat matahari tenggelam (sunset) yang sangat romantis.